Kamis, 17 Januari 2013

Contoh-Contoh Hubungan Internasional yang Dilakukan Indonesia dengan Negara Lain


Contoh-Contoh Hubungan Internasional yang Dilakukan Indonesia dengan Negara Lain

loha loha ~ ~ ~ !
tugas lagi tugas lagi . . . pusing kepala dibikin nih tugas! @.@
kali ini, aku bakal nge-share tentang . . . .
"Contoh-Contoh Hubungan Internasional yang Dilakukan Indonesia dengan Negara Lain"
ini sumbernya buku pkn.... soalnya si-Guru minta presentasi tentang Contoh-Contoh Hubungan Internasional yang Dilakukan Indonesia dengan Negara Lain....


moga ini membantu~ ^_^

A.      Bilateral

1. Hubungan Internasional Indonesia dengan Korea
                Hubungan internasional Indonesia dengan Korea berjalan di segala bidang. Salah satunya adalah bidang pendidikan. Di bidang pendidikan, Indonesia dan Korea melakukan suatu kerjasama dalam bentuk beasiswa bagi siswa dan mahasiswa Indonesia untuk belajar di Korea.
                Beberapa program beasiswa diturunkan dari beberapa lembaga dan universitas di Korea. Ada pula yang diturunkan oleh Kedutaan Besar Korea di Indonesia.
                Program beasiswa ini tentunya membantu para siswa dan mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studinya di luar negeri, khususnya Korea. Program yang ditawarkan biasanya beasiswa S1, S2, hingga S3.

2. Hubungan Internasional Indonesia – Norwegia
                Hubungan bilateral Indonesia – Norwegia dalam bidang energi telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, sebagai hasil nyata dari perjanjian kerjasama bidang energi yang ditandatangani di Jakarta tanggal 18 September 1995.
                Salah satu contoh dekatnya hubungan antara kedua negara ini dapat dilihat dari meningkatnya kegiatan seminar dalam bidang peningkatan produksi minyak tahap lanjut (enhanced oil recovery), dan teknologi laut dalam.

3. Hubungan Internasional Indonesia-Inggris
                Hubungan Indonesia – Inggris berjalan di sektor perekonomian. Salah satu bentuk koneksi dagang Indonesia-Inggris adalah ekspor migas ke Inggris karena Inggris tak memiliki cadangan minyak bumi. Guna menutupi kekurangannya terpaksa pemerintah British Raya mencari koneksi dagang terhadap negara penghasil minyak bumi termasuk Indonesia.
                Bentuk kerjasama Indonesia-Inggris di sektor perdagangan antara lain ekspor baja, karet alam, mebel dari kayu ke Inggris. Sebaliknya Inggris mengekspor bahan pangan berupa gandum, makanan olah lainnya, berbagai macam jenis mesin pabrik dan teknologi IT ke Indonesia.

4. Hubungan Internasional Indonesia-Jepang
                Hubungan ini dalam bentuk forum investasi bersama tingkat tinggi pemerintah swasta antara Jepang dan Indonesia. Rencana investasi ini meliputi masalah bea, customs, tenaga kerja, infrastruktur dan daya saing.

5. Hubungan Internasional Indonesia-Australia
                Hubungan ini dilakukan di bidang hukum dan perdagangan. Pemerintah Australia sepakat dengan pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kerja sama bilateral, regional dan internasional. Kerja sama penegakan hukum dan keamanan. Meliputi penyelundupan manusia, perdagangan manusia dan kerjasama kejahatan.

6. Hubungan Internasional Indonesia-Ethiopia
                Hubungan ini melalui ekspor-impor produk utama Ethipopia dari Indonesia. Produk itu antara lain adalah sabun, benang, batu baterai, perlengkapan dapur, kertas. Sedangkan ekspor produk utama Ethiopia ke Indonesia adalah kulit

B.      Regional

1. Hubungan Internasional Indonesia dengan Negara-Negara ASEAN
                Hubungan Indonesia dengan negara-negara ASEAN salah satunya di bidang perdagangan yaitu AFTA (ASEAN Free Trade Area) yaitu dimana negara-negara yang berada di kawasan ASEAN dapat melakukan perdagangan bebas untuk melakukan ekspor impor tanpa dikenakan bea cukai.

C.      Multilateral      

1. Hubungan Internasional Indonesia  dengan banyak negara di seluruh dunia
                Hubungan Indonesia dengan PBB dalam bentuk perundingan mengenai hukum internasional dan tindakan terkait dengan masalah internasional.
                Dengan hubungan ini negara Indonesia berhak untuk mengajukan pandangan terhadap isu internasional. Bergabungnya Indonesia ke dalam PBB mempercepat proses penyelesaian konflik Indonesia – Belanda (penjajah), sehingga  mau mengakui kedaulatan Indonesia pada tanggal 27 Desember 1949


sumber_buku pkn

27 komentar:

  1. Balasan
    1. maap maap ^_^""
      kalo gitu tanya sama mas Google aja lagi...
      hehe,

      Hapus
  2. thanks untuk informasinya...!!!
    visit my blog donk : wiansetiawan.blogspot.com

    BalasHapus
  3. thanks' sangat membatu buat refrensi :)

    BalasHapus
  4. nice :D , cuma fontnya gede amat .-. , haha
    promo blog
    dhanuthemuserver.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Data arikelnya kurang lengkap kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, masih belajar dek... :D
      itu inti2nya aja :)

      Hapus